twitter

Anda pengguna telkom speedy mungkin kadang mengalami kesulitan untuk membuka halaman web atau browsing, padahal indokator LAN (Local area conection) conected atau tersambung. Hal ini mungkin saja karena modem belum terhubung ke internet, bisa jadi karena line telpon putus, splitter yang korosi atau memang kondisi modem yang perlu disetting ulang. Indikator Local area conection yang ada dikomputer itu hanya menunjukkan koneksi dari PC ke modem, sedangkan untuk mengetahui apakah modem sudah tersambung ke internet atau belum, bisa dengan perintah “ping” dari command prompt atau DOS.
Ping adalah sebuah program utilitis yang dapat digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utiliti ini, anda dapat menguji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya atau internet. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.
Untuk pengguna windows, cara nge- ping untuk menguji konektivitas sebagai berikut:
  1. klik Start -> Run, ketik “cmd” (tanpa tanda petik).
  2. Ketik Ping[spasi]alamat IP yang dituju. misal ping 203.130.196.155 lalu enter.
  3. Untuk ngeping terus menerus secara realtime tambahkan perintah -t setelah IP.
  4. Perhatikan hasil pingnya:
    - Reply =================  modem sudah koneksi ke internet.
    - Request time out =========  Ada gangguan koneksi, seperti putus2 dan koneksi lambat.
    - Destination host unreachable = Sama sekali belu tersambung, setting ulang modem, gangguan line telpon dll.
Dicoba juga ping ke alamat lain seperti google.com, yahoo.com, jarlok.com dan lihat hasilnya terutama di tulisan time, semakin kecil nilai time maka koneksi internet semakin bagus.
| 0 komentar | Label:

0 komentar:

Poskan Komentar